Berita

KIP Sidangkan Sengketa terhadap PT Pelindo II

Komisi Informasi Pusat (KIP) melaksanakan dua persidangan awal sengketa informasi dengan membentuk dua Majelis Komisioner (MK). Kedua persidangan sengketa informasi itu digelar secara bergiliran pagi dan siang hari di Ruang Sidang KIP Jakarta pada Jumat (19/6), yang ditangani Ketua MK Rumadi beranggotakan Henny S Widyaningsih dan Yhannu Setyawan serta Ketua MK Evy Trisulo beranggotakan Dyah Aryani dan Yhannu Setyawan.

Pada persidangan pagi hari, MK menyidangkan sengketa dengan register 028/IV/KIP-PS/2015 antara Permohon SM Hasan Saman terhadap Termohon PT Pelindo II Jakarta. Pemohon informasi meminta sebanyak 17 poin informasi kepada Termohon, di antaranya informasi tentang Surat Penawaran Pembelian dari PT Samudera Reksa Buana untuk lahan dan bangunan warga Koja Utara sebelum adanya penawaran dari PT Humpuss milik Tommy Soeharto.

Sedangkan pada persidangan siang hari MK menyidangkan sengketa dengan register 024/III/KIP-PS/2015 antara Pemohon Topan AD terhadap Termohon Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang dikelola Kementerian Perhubungan RI. Pada persidangan itu, Pemohon meminta empat item informasi, di antaranya informasi rincian kerjasama STPI terhadap pihak ketiga untuk menunjang akademik mahasiswa serta dokumen pendukungnya.

Kedua persidangan sengketa informasi ini baru memasuki persidangan pemeriksaan awal yang dihadiri para pihak. Untuk persidangan sengketa informasi Pemohon Topan AD akan dilanjutkan pada 26 Juni 2015 mendatang.

<