Berita

KIP Tolak Dua Permohonan Sengketa Informasi

Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi Pusat (KIP) menolak dua permohonan informasi Pemohon Pergerakan Mata Umat. Ketua MK Evy Trisulo beranggotakan Yhannu Setyawan dan Dyah Aryani yang menangani dua persidangan sengketa informasi pada hari tersebut membacakan amar putusan di Ruang Sidang KIP Jakarta pada Selasa (23/6) yang menyatakan menolak kedua permohonan sengketa informasi dari Pemohon.

Dua perkara yang ditolak MK itu masing-masing sengketa informasi antara Pemohon Pergerakan Mata Umat terhadap termohon Pemerintah Kota Surabaya dan antara Pemohon Pergerakan Mata Umat terhadap Termohon Pemerintah Kota Pasuruan. Dalam persidangan itu para pihak tidak hadir sejak persidangan awal hingga saat amar putusan dibacakan.

Dalam pertimbangannya, MK menyatakan permohonan Pemohon diajukan oleh kelompok orang, maka Pemohon wajib menyertakan Surat Kuasa dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemberi kuasa yang sah yang dapat membuktikan Pemohon adalah kelompok orang. Dalam persidangan Kuasa Pemohon tidak menyertakan identitas yang dapat meyakinkan MK terkait kedudukan hukumnya maka Pemohon tidak memenuhi syarat kedudukan hukum (legal standing) dalam sengketa a quo.

<